Jumat, 13 Januari 2012

Batu Tulis (Batu Semar)

Di sekitar area Telaga Warna dan Telaga Pengilon terdapat beberapa tempat yang dikeramatkan oleh masyarakat Dieng. Salah satunya adalah Batu Tulis (Batu Semar), yang terletak diseberang Telaga Warna dan dekat dengan kawasan goa-goa seperti Goa Jaran dan Goa Semar.
Menurut mitos setempat, Batu Tulis dapat memberikan kelancaran bagi anak yang sedang belajar menulis bila orang tuanya berdoa disini.
Bila dilihat dari samping, sekilas mirip dengan wajah orang dari samping. Bentuk wajah seperti itu konon merupakan perwujudan dari muka Semar sehingga Batu Tulis juga disebut Batu Semar. Area Batu Tulis atau Batu Semar ini digunakan dalam rangkaian acara ruwatan cukur anak yang berambut gimbal tradisi masyarakat Dieng Plateau yang diselenggarakan setiap satu tahun sekali. Begitu mistisnya tempat ini sehingga masyarakat sekitar memberikan sesaji setiap harinya yang berupa kembang setaman dan ditaruh disekitar Batu Tulis.
Menurut mitos setempat, Batu Tulis dapat memberikan kelancaran bagi anak yang sedang belajar menulis bila orang tuanya berdoa disini.

Incoming search terms for the article:

    BATU TULIS batu semar semar sejarah batu tulis legenda semar legenda batu tulis wisata batu tulis mitos semar sejarah semar sejarah candi semar wajah semar acara ruwatan Candi Semar TEMPAT KERAMAT SEKITAR MAGELANG mitos batu tulis goa batu tulis upacara potong rambut paket wisata dieng biro wisata bandung - dieng batu semar kencana batu untuk tulis keterangan batu tulis Www legenda-batutulis com perwujudan belajar penjelasan tentang batu bertulis penjelasan batu bertulis mitos semarr paket dieng paket wisata dieng termurah wisata magelang batu tulis pulau bali keramat semar topo batu tourism glosarium tradisi batu tulis di kalimantan sejarah ruwatan di kulon progo tradisi tulis sejarah batu di kalimantan sejarah mistik rambut gimbal wisata batu tulis wonosobo sejarah stasiun batutulis rankaian acara ruwatan pulau mengkudu bintet goa paket wisata dieng desember mitos mengenaiacara ruwahan betties anak batu tulis batu tulis di telaga warna batu tulis di kalimantan batu tulis dari batu tulis batu semar BATU SEMAR MESUSEUM batu semar kuncup batu bertulis sejarah batu berbentuk semar backpacking ke pacitan tourism asal usul budaya potong rambut gimbal di dieng apa itu batu tulis

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terima kasih informasinya, tulisan yang sama untuk Taman Wisata Alam Telogo Warno dan Pengilon bisa dibaca disini http://bit.ly/warnopengilon

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop