Jumat, 13 Januari 2012

Kalibening

Wilayah tersebut khususnya desa Sikumpul yang saya kunjungi itu memiliki pesona khas yang sudah jarang ditemukan di daerah lain. Setelah melihat panorama sunrise yang cukup menggetarkan hati, saya melihat sesuatu lain yang unik untuk dilihat. Melihat sikap anak-anak di daerah Sikumpul saat berangkat sekolah,  hati saya tersentuh melihat mereka. Bagaimana tidak, perilaku mereka sungguh kontras dengan anak-anak yang tinggal di daerah perkotaan.
Kalibening merupakan salah satu kecamatan di kabupaten Banjarnegara yang wilayahnya terletak paling utara yang berbatasan langsung dengan kabupaten Pekalongan. Terletak dipegunungan yang berhawa sejuk menentramkan hati bagi orang yang berkunjung kesana.
Para siswa di desa ini dan desa sebelah, berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki bersama-sama. Jadi mirip seperti arak-arakan sebuah karnaval. Mereka berjalan riang gembira seperti tanpa beban, tidak memikirkan nasib mereka kelak. Namun kelak mereka akan menjadi penerus dan pembangun bangsa.
Guru-guru mereka pun ikut berjalan beriringan bersama mereka. Mereka dengan mudahnya berinteraksi antara guru dengan murid dan murid dengan murid lainnya tanpa memandang jabatan, pangkat, maupun kekayaannya. Memang kualitas pendidikan di daerah ini masih sangat rendah, mereka harus meneruskan pendidikan SMA di daerah perkotaan. Namun hanya beberapa yang meneruskan pendidikan diperkotaan, sebagian besar meneruskan usaha orangtuanya sebagai petani, peternak, maupun usaha kecil di daerah tersebut.
Hal ini bertolakbelakang dengan kehidupan kota yang sarat akan kemewahan dan kemapanan. dikota jarang sekali guru berinteraksi dengan muridnya diluar sekolah. Para murid berangkat dengan alat transportasi yang dimilikinya, ada yang memakai sepeda, kendaraan bermotor, kendaraan umum, maupun berjalan kaki. Para murid di daerah perkotaan berangkat diliputi kecemasan seperti datang terlambat, lupa mengerjakan pr, berbagai kasus yang menimpanya, telat membayar biaya pendidikan dan sebagainya. Beban akan cita-cita dipundak mereka yang menambah beban berat mereka.
Beginilah potret pendidikan di daerah Kalibening yang masih sarat akan nilai budaya dan ciri khas tersendiri yang berbeda dengan kehidupan perkotaan.


Incoming search terms for the article:

    kalibening banjarnegara Wisata kalibening Pendidikan di pedesaan potret pendidikan di pedesaan kalibening kini dan nanti gunung langit kalibening kabupaten banjarnegara kecamatan kali bening Sejarah kalibening sejarah kecamatan kalibening banjarnegara sekolah kali bening SMP1 kalibening banjarnegara sulasmi dukuh bantul transportasi di desa kalibening upaya menyamaratakan pendidikan di desa dan di kota rute semarang kekalibening banjarnegara profil kecamatan kalibening potret pendidikan dipedesaan anak sekolah nyebrang sungai potret pendidikan anak di pedesaan penduduk sikumpul kalibening biodata sma muhammadiyah 04 kalibening keindahan desa kalibening banjarnegara data sd 1 kalibening kelulusan siswa tahun 2007 air terjun kali bening pekalongan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop