Jumat, 13 Januari 2012

Dua sisi yang berlainan dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Di dekat peninggalan sejarah Kompleks Candi Dieng, terdapat Telaga Warna dan Telaga Pengilon yang letaknya berseberangan. Sebuah hamparan telaga yang luas bekas sebuah kawah yang telah mati ribuan tahun yang lalu menjadi sebuah danau atau telaga. Konon, dahulu merupakan satu telaga, namun karena terbendungnya Sungai Tulis oleh lava mengakibatkan telaga tersebut menjadi dua hingga sekarang. Memasuki kawasan Telaga Warna, kami disuguhi sebuah pemandangan yang cukup indah.
Telaga Warna memantulkan 3 warna yaitu hijau, merah, dan biru. Kandungan belerang yang ada di dalamnya memantulkan warna kehijauan, sedangkan ganggang merah yang ada didasar telaga memantulkan cahaya kemerahan dan jernihnya air telaga yang berwarna biru muncul dari pantulan gradasi sinar matahari.
Hutan di sekitar telaga ini masih terjaga kelestariannya sehingga suasana kelihatan sejuk dan teduh. Walaupun demikian warna telaga sudah tidak berwarna-warni lagi. Warna yang tampak hanyalah warna hijam kecoklatan saja.
Kerusakan ini diakibatkan berkurangnya kadar belerang yang terdapat di dalamnya akibat penggunaan air telaga untuk irigasi sawah para petani sayur di kawasan Dieng, pengaruh cuaca dan lingkungan sekitarnya. Setelah cukup melihat Telaga Warna, kami pun berjalan ke seberang menuju ke Telaga Pengilon yang jaraknya sekitar 100 meter dari Telaga Warna.
Nama Telaga Pengilon sendiri berarti telaga cermin. Air di telaga ini sangat jernih dan bisa memantulkan bayangan benda yang ada di sekitarnya.
Ketika kami sampai Telaga Pengilon, rumput-rumputan menutupi hampir seluruh telaga sehingga kami tidak bisa bercermin di pinggir telaga. Jika meneruskan perjalanan melewati telaga ini, anda akan menjumpa Goa Semar dan  Goa Jaran. Di tempat inilah setiap setahun sekali diselenggarakan tradisi upacara potong rambut gimbal.

Incoming search terms for the article:

    telaga warna telaga pengilon telaga tiga warna Sejarah telaga warna telaga warna wonosobo telaga pengilon dieng telaga 3 warna telaga dua warna telaga 2 warna telaga pengilon wonosobo telga tiga warna sejarah telaga pengilon telaga pangilon sejarah telaga warna dieng Telaga Warna jawa tengah sejarah terbentuknya telaga warna terbentuknya telaga warna telaga warna yogyakarta telaga tiga warna dieng keindahan telaga warna telaga warna jateng waduk pengilon tlaga warna telaga warna di jawa tengah air tiga warna tiga telaga danau telaga warna dieng danau pengilon telaga warna dan pengilon sejarah telaga pengilon wonosobo telaga pengilong dieng sejarah tentang talaga warna telaga warna dan pengilon dieng telaga warna telaga pengilon dieng sejarah wisata telaga warna wonosobo sungai yg berlainan warna telaga pengilon adalah TELAGA WARNA YOGYA telaga warna sejarah teiaga pangilon sejarah telaga dua warna gambar gambar telaga warna wonosobo goa semar kawah 7 warna legenda telaga 3 warna proses terjadinya kawah kandungan air telaga warna dieng telaga warna dieng sejarah telaga warna dieng lebih dekat dari yogya atau semarang jalan pintas wonosobo - yogyakarta kandungan air telaga warna telaga warna kawah dieng telaga warna pantulan ekosistem yang ada di telaga pengilon dieng cerita telaga warna wonosobo dieng

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop