Jumat, 13 Januari 2012

Gardu Pandang Dieng

Gardu Pandang Dieng Plateau


Karena suatu keperluan, akhirnya kami kembali menyambangi rumah tinggal kawan kami yang bernama Reza yang berada di Kalibening, Banjarnegara yang tempo hari pernah kami singgahi. Dalam perjalanan menuju Banjarnegara, kami melewati kawasan Dieng Plateau. Melalui sebuah tanjakan tajam dan panjang, tiba-tiba hujan dan kami berteduh disebuah gardu pandang yang terletak di tepi jalan.
Gardu Pandang Dieng terletak di desa Tieng Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Memiliki ketinggian 1.800 meter diatas permukaan air laut.

Memasuki area gardu pandang, suasana agak ramai gara-gara hujan lebat. Gardu pandang ini digunakan sebagai tempat istirahat sementara oleh para wisatawan yang kecapekan setelah melakukan perjalanan jauh menuju ke kawasan dataran tinggi Dieng.
Selain itu juga digunakan untuk menikmati pemandangan alam dari Dataran Tinggi Dieng yang kadang bisa melihat kokohnya Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang ditengah-tengahnya terdapat kota Wonosobo dan mendinginkan mesin kendaraan yang bekerja keras menaiki jalanan yang menanjak menuju ke arah kawasan Dieng.
Memasuki gardu pandang, saya langsung menuju ke lantai atas untuk melihat pemandangan alam dari atas gardu. Karena memang kondisi hujan deras dan berkabut, pemandangan tidak begitu jelas dan kami hanya bisa melihat pemandangan dengan jarak sekitar 20meter saja.
Gardu Pandang Dieng yang menghadap ke arah timur memang cocok digunakan untuk melihat matahari terbit atau sunset dimana matahari muncul dari balik pegunungan dan posisi kita seakan-akan berada diatas awan, mirip seperti melihat panorama sunrise di Pananjakan Bromo.

Beberapa bagian dari gardu pandang ini kami amati telah mengalami kerusakan. Di beberapa bagian ada genting yang pecah dan air hujan menetes kedalam ruangan dalam gardu. Ditambah lagi aksi vandalisme yang mengotori dinding gardu pandang membuat para wisatawan yang berisitirahat kurang nyaman.
Begitulah kondisi gardu pandang yang hanya menjadi tempat singgah sementara dan bukan merupakan lokasi wisata utama Dieng Plateau semisal Telaga Warna dan Kawah Sikidang. Namun kedepannya kawasan gardu pandang ini dapat menjadi kawasan strategis karena lokasinya cocok untuk menikmati pesona sunrise dari atas pegunungan seperti pesona sunrise di Puncak Sikunir di kawasan Dataran Tinggi Dieng.

Incoming search terms for the article:

    paket wisata dieng paket wisata ke dieng paket tour dieng paket liburan ke dieng penginapan tambi paket liburan dieng pemandangangunung sindoro wisata murah ke dieng pemandangan dieng gardu pandang tieng paket wisata di dieng paket tour ke dieng gardu pandang dieng paket tour murah ke jawa tengah travel murah ke dieng paket tour murah dieng paket liburan murah dieng paket solo dieng dieng sunrise dieng plateau paket wisata tour dieng peket wisata dieng paket wisata tour ke dieng wisata solo-dieng paket wisata murah ke dieng paketwisatadieng paket wisata murah dieng plateau wisata murah wisata dieng paket murah pengalaman wisata dieng wisata dieng i hari murah trip murah ke dieng tanjakan dieng tour murah ke dieng travel ke dieng murah travel murah wisata ke dieng penginapan tambi wonosobo paket wisata murah dieng paket wisata dieng plateau paket liburan murah jawa tengah contah gardu pemandangan Paket Dieng wisata medan menuju dieng liburan murah ke dieng letak gardu pandang di dieng dieng wisata murah dieng souvenir dieng paket murah paket liburan murah w paket murah ke dieng Paket piknik ke dieng murah paket wisata dieng jawa tengah paket wisata dieng desember paket wisata alam dieng paket wisat dieng 

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop