Jumat, 13 Januari 2012

Kawah Candradimuka, berawal dari cerita pewayangan

Setelah melihat upacara adat pemotongan rambut gimbal, saya dan teman- teman langsung menuju ke kawah Candradimuka. Masih di lokasi Dieng Plateau namun berada di kabupaten Banjarnegara. Untuk menuju ke Kawah Candradimuka ini membutuhkan waktu yang cukup lama karena medan yang lumayan berat.
Kawah Candradimuka terletak di atas sebuah bukit yang lumayan tinggi dengan jarak tempuh sejauh 5 kilometer. Dengan track naik dengan kemiringan antara 30 hingga 45 derajat dengan jalan berbatu dan tanah yang cukup labil untuk ditapaki.


Secara harfiah kawah Candradimuka berarti
Kawah = kawah gunung, lubang, kuali
Candradimuka = sinar bulan

Ketika sampai di atas bukit, kami bisa melihat sebuah kawah aktif yang terletak menyelinap di bawah bukit. Asap kawah terlalu tebal sehingga kami tidak yakin untuk menuruni tangga untuk menuju ke kawah tersebut. Setelah asap menghilang, kami turun perlahan – lahan ke bawah untuk mendekati kawah.
Kawah Candradimuka menurut cerita pewayangan adalah tempat di mana Gatutkaca (anak Wrekudara dan Arimbi) di rebus supaya kuat. Setelah keluar dari Kawah Candradimuka diceritakan kalau Gatutkaca memiliki otot kawat, tulang besi.


Bau belerang cukup menyengat dan hawa panas dari asap kawah itu sendiri. Kawah Candradimuka ini sedikit berbeda dengan kawah yang lain, hampir mirip dengan sumber air panas. Dengan letupan air panas yang cukup keras sehingga cukup menakutkan apabila berada di dekatnya. Akhirnya kami akhiri petualangan kami di Dieng Plateau dan berfoto bersama dengan anak-anak warga Dataran Tinggi Dieng yang kebetulan sedang bermain. Kemudian kami kembali menuruni gunung kembali melewati jalan yang rusak dan berbatu.

Incoming search terms for the article:

    cerita pewayangan kawah candradimuka cerita gatot kaca candradimuka cerita gatotkaca kawah candra dimuka kawah candradimuka dieng cerita rakyat gatotkaca cerita pewayangan bali cerita pewayangan jawa candra dimuka cerita perwayangan pewayangan kawah candradimuka adalah cerita rakyat gatot kaca crita pewayangan cerita pawayangan sejarah kawah candradimuka kawah chandra dimuka arti kawah candradimuka cerita tentang gatotkaca cerita kawah candradimuka kawah candra di muka CERITA TENTANG PEWAYANGAN kawah chandradimuka cerita tentang gatot kaca cerita gatutkaca cerito pewayangan CERITA GATHOTKACA legenda kawah candradimuka artikel pewayangan cerita jawa gatotkaca cerita-cerita pewayangan cerita jawa pewayangan pengertian tari arimbi arti candradimuka sejarah kawah candra dimuka legenda kawah candra dimuka letak kawah candradimuka carita pewayangan cerita kawah candra dimuka cerita cerita pewayangan kawah candradimuka-dieng plateau kisah pewayangan jawa kawahcandradimuka cerita gathutkaca lokasi kawah candradimuka cerita candradimuka cerita pewangan misteri kawah candradimuka ceritapewayangan chandradimuka cerita tentang GatutKACA cerita gatut kaca candradimuka adalah

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop