Jumat, 13 Januari 2012

Sumur Jalatundra

Keajaiban Sumur Jalatunda dan Mitos Sumur

Jalatunda


Sumur jalatunda cukup populer sebagai sumur ajaib dari daerah Banjarnegara. Keajaiban sumur jalatunda, bisa kita temukan dari mitos mitos seputar sumur jala tunda yang berkembang di masyarakat. Meski jalatunda memakai istilah sumur, tetapi bentuknya tidak seperti sumur pada umumnya.
Karena penampakan kasar dari sumur jalatunda justeru mirip dengan kolam atau air yang tergenang di rawa rawa. Meskipun demikian, jalatunda tetap dikenal sebagai sumur hingga sekarang. Bahkan tak hanya itu, di masyarakat juga berkembang mitos dan cerita seputar keajaiban sumur jalatunda. Diantara cerita yang beredar di masyarakat adalah adanya keyakinan tertentu saat kita melemparkan batu ke arah sumur tersebut.
Bila seorang wisatawan mengunjungi sumur jala tunda, lalu dia melemparkan batu maka akan ada tiga makna yang dikaitkan dengan lemparan tersebut. Pertama, jika kita berhasil melemparkan batu hingga melampaui sumur tersebut, maka berarti keinginan kita akan tercapai atau dikabulkan Tuhan dalam waktu dekat. Kedua, ketika kita melemparkan batu, tetapi batu tersebut hampir melewati sumur jalatunda, maka peluang berhasil masih membutuhkan sedikit ketelitian. Ketiga, kalau pengunjung sumur jalatunda melemparkan batu, tetapi tidak sampai melewati tengah tengah sumur, maka ada kemungkinan apa yang telah direncanakan mengalami kegagalan, entah itu cepat ataupun lambat. Mungkin pembaca mengira kenapa batu tak sampai karena kita kurang kuat saat melempar, atau batu yang dilempar terlalu berat. Ups… bukan itu penyebabnya, karena saya sendiri pernah melempar batu di atas sumur jalatunda, saya menemukan jika teman saya telah melemparkan kerikil berulang ulang dengan tenaga paling maksimal, tetapi yang ajaib batu yang dikiranya jatuh melewati sumur, eh ternyata tidak sampai juga. Percobaan melempar dilakukan terus, tetapi tetap gagal, dan terbukti teman saya itu gagal saat mengikuti tes cpns. Sementara teman saya yang satu dengan seijin Tuhan berhasil memenangkan sebuah lomba dengan persaingan sengit. Alhamdulillah saya sendiri waktu itu berhasil melempar batu hingga melewati sumur. Ya meski hal yang terjadi dianggap mitos, tetapi kadang ada benarnya juga, bagaimanapun keajaiban sumur jalatunda, ia tetaplah ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala hal yang berkembang tentang sumur jalatunda itu, maka hal itu terjadi atas ijin dan Kuasa Tuhan. Yang pasti sumur jalatunda adalah salah satu obyek wisata menarik, unik, dan punya nilai sejarah yang pantas dipelajari

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop