Jumat, 13 Januari 2012

Pembangunan Candi Setyaki

Saat menuju Kompleks Candi Arjuna dari area parkir yang terdapat Candi Gatotkaca, kami mendapati sebuah tulisan Situs Candi Setyaki. Beberapa tahun yang lalu ketika kami pertama kali mengunjungi Kompleks Candi Arjuna, Candi Setyaki belum dibuka untuk umum.
Candi Setyaki merupakan salah satu dari Kompleks Candi Dieng yang tersebar dibeberapa tempat di Dataran Tinggi Dieng.
Memasuki kawasan Situs Candi Setyaki, ternyata sedang ada proses pembangunan atau penyusunan ulang candi. Pondasi candi masih berupa batuan candi yang masih asli yang disusun ulang karena telah mengalami penurunan ketinggian karena amblas. Karena potongan batuan yang candi bagian atas telah mengalami kerusakan yang parah digunakan batuan baru disusun untuk melengkapi batuan lama yang masih bisa disusun. Batuan baru tersebut kemudian ditatah dan diukir seperti aslinya.
Batuan asli yang tidak dapat digunakan untuk penyusunan candi, disusun di tepian candi sebagai sisa-sisa reruntuhan candi dan sebagian dibawa ke museum purbakala. Menurut informasi yang kami peroleh, para pekerja tersebut berasal dari manajemen Obyek Wisata Candi Prambanan yang bekerjasama dengan Dinas Purbakala Kabupaten Wonosobo. Kami berharap proses restorasi ini tidak mengalami penyimpangan dan disusun sesuai dengan aslinya.
Bila dilihat dari pondasinya, bentuk Candi Setyaki mirip dengan Kompleks Candi Arjuna yang terletak didekatnya. Kami kurang tahu kapan proses pengerjaan ini akan selesai. Akhirnya kami meninggalkan situs cagar budaya ini.

Incoming search terms for the article:

    candi setyaki kutoarjo tempo dulu tujuan pembangunan candi kalasan proses pembangunan candi prambanan setyaki pembangunan candi pembangunan candi prambanan lama pembangunan candi borobudur pondasi candi prambanan cagar budaya candi dieng deskripsi candi prambanan proses pembuatan candi prambanan pemugaran candi dieng candi prambanan tempo dulu latar belakang pembangunan candi borobudur sejarah pembangunan candi dieng tujuan di bangunnya candi prambanan situs kab wonosobo candi dieng cagar dieng pembuatan candi arjuna candi satyaki asal usul candi dieng batuan candi dieng mitos candi dieng biaya ke candi dieng contoh teks deskriptif candi dieng tempo dulu makalah sejarah candi prambanan pembuatan candi prambanan proses terjadinya komplek candi gatot kaca SEJARAH CANDI DI WONOSOBO sejarah pemugaran candi dieng tahapan pembangunan candi prambanan teks deskriptif tentang pembangunan teks deskriptif tentang prambanan pemugaran komplek dieng latar belakang pembangunan candi borobudar candi gatotkaca di kompleks dieng- candi setyaki candi dieng candi arjuna arsitektur cagar budaya dieng wonosobo batuan candi wonosobo batuan candi borobudur setelah gempa asal mula candi di dataran tinggi dieng artikel tentang dieng artikel tentang candi candi dengan texs diskripsi cerita rakyat candi dieng contoh teks deskriptif pembangunan jarak dari gardu pandang dieng ke candi arjuna informasi tentang pembangunan candi prambanan diskripsi sejarah candi prambanan dinas purbakala wonosobo deskriptif dieng deskriptif candi borobudur deskripsi historis tentang pembangunan

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop