Jumat, 13 Januari 2012

Kawah Sikidang

Eksotisme Kawah Sikidang


Penasaran ingin mengetahui isi dari Kawah Sikidang, sebaiknya anda berangkat pagi hari. Saat pagi hari uap panas yang keluar masih tipis sehingga bisa melihat isi kawah yang berupa air bercampur lumpur yang mendidih.
Kawah Sikidang terkenal karena lubang keluarnya gas selalu berpindah-pindah di dalam suatu kawasan luas. Kawah Sikidang mengeluarkan uap panas bersamaan semburan air bercampur lumpur mendidih berwarna keabu-abuan.

Memasuki kawasan Kawah Sikidang, kami dihadapkan sebuah hamparan luas tanah yang diujungnya terdapat Kawah Sikidang. Jarak mulut kawah dengan lokasi parkir cukup jauh, sekitar 300 meter. Walaupun cukup jauh, bau sulfur cukup terasa di hidung kami. Sebelum menuju ke mulut kawah, kami berinteraksi dengan penduduk sekitar mengenai asal usul kawah Sikidang dan legenda yang muncul berkenaan dengan Kawah Sikidang. Seorang tukang parkir yang cukup ramah memberikan informasi mengenai obyek wisata tersebut.

Menurut legenda yang berkembang di masyarakat, pada zaman dulu di dataran tinggi Dieng terdapat istana milik seorang ratu yang sangat cantik, yaitu Ratu Shinta Dewi. Pada suatu hari, sang ratu dilamar seorang pangeran yang konon tampan dan kaya raya, yaitu Pangeran Kidang Garungan. Namun, Ratu Shinta Dewi kecewa karena pangeran tersebut tidak setampan seperti yang diceritakan. Pangeran Kidang Garungan ternyata berbadan manusia dan berkepala kijang. Cara untuk menolak lamaran itu, Ratu Shinta Dewi mengajukan syarat untuk dibuatkan sumur yang besar dan dalam. Ketika sumur hampir selesai dibuat, Ratu Shinta Dewi dan para pengawalnya menimbun sumur tersebut dengan tanah saat Pangeran Kidang Garungan masih berada di dalamnya.
Ketika sang pangeran berusaha untuk keluar dari sumur itu dengan cara mengerahkan segala kesaktiannya, sumur itu tiba-tiba menjadi panas, bergetar, dan meledak-ledak. Pangeran itu hampir saja keluar dari sumur, namun ratu dan para pengikutnya terus menimbun sang pangeran hingga tidak dapat keluar. Sang pangeran kemudian marah, lalu mengutuk Ratu Shinta Dewi dan keturunannya kelak akan berambut gembel. Bekas sumur Pangeran Kidang Garungan itulah yang kemudian menjelma menjadi Kawah Sikidang. (Anonimous)
Setelah cukup bercakap-cakap, kami segera menuju ke mulut kawah. Kami cukup berhati-hati dalam berjalan karena dalam perjalanan menuju ke mulut kawah banyak muncul gas berserta uap air dari dalam tanah yang bersuhu cukup panas. Mentaati peringatan untuk tidak menginjak tanah yang basah dan berair. Karena banyak kasus kaki melepuh setelah terjerembab ke dalam tanah yang basah sehingga perlu diamputasi. Selain itu, uap air panas yang muncul dari balik tanah dan bebatuan tersebut dapat mematangkan telur. Ada orang membuktikannya dengan membungkus telur mentah dan ditaruh beberapa saat dilubang tempat keluarnya uap panas.
Akhirnya kami sampai dimulut kawah, suhu yang sebelumnya dingin berangsur-angsur menjadi hangat. Melihat letupan kawah yang berisi lumpur panas kami pun berpikir, cukup berbahaya bila tiba-tiba meletus. Kita memang harus berhati-hati karena status Kawah Sikidang adalah aktif normal. Selain itu kita harus mentaati peraturan seperti dilarang membuang sampah ke lubang, dilarang membuang puntung rokok di lingkungan kawah, dilarang menginjakkan kaki di tanah yang basah dan sebagainya. Diharapkan pengunjung mentaati peraturan yang telah ditempel pada papan pengumuman.

Incoming search terms for the article:

    Kawah sikidang legenda kawah sikidang sejarah kawah sikidang kawah sikidang dieng LEGENDA DIENG asal usul kawah sikidang KAWAH SI KIDANG MITOS KAWAH SIKIDANG kawah sikadang asal usul kawah candradimuka sejarah kawah candradimuka asal usul kawah sikidang dieng LEGENDA KAWAH SAKIDANG legenda terjadinya kawah candradimuka Eksotisme Kawah Sikidang Posted by admin on 21 February 2009 26 Comments This item was filled under [ Alam Kawah ] Penasaran ingin mengetahui isi da dieng kawah sikidang asal mula terbentuknya kawah sikidang sinopsis asal mula kawah si kidang Legenda-Kawah-Sikidang Sejarah Candi yang ada di Dieng legnda kawah sikidang Misteri kawah candradimuka pangeran kidang garungan mite kawah sikidang mula kawah sikidang dieng MITOSkawah sikidang sjarah kawah sikidang di dieng legenda kawah skidang legenda kawah sikidang dieng asal usul budaya potong rambut gimbal di dieng asal usul kawah candra dimuka Asal usul Kawah dieng asal-usul mengapa kawah berwarna banjarnegara geothermal buku tentang kawah sikidang cerita legenda kawah si kidang kawah sikidan kawah sikidang di daerah wonosobo dan sejarahnya kawh sikidang lagenda kawah sikidang legenda kab magelang arti kawah sikidang

8 komentar:

Melb4a mengatakan...

elazığ
erzincan
bayburt
tunceli
sakarya
A4FEK

NebulaGoddessXYOLG12 mengatakan...

Antep Lojistik
Yalova Lojistik
Erzincan Lojistik
Tekirdağ Lojistik
Elazığ Lojistik
5FQV

0A5E2Tariq8DB3A mengatakan...

285A4
Kars Evden Eve Nakliyat
Eskişehir Evden Eve Nakliyat
Karabük Lojistik
Sakarya Evden Eve Nakliyat
Kilis Evden Eve Nakliyat

63487Kristopher08076 mengatakan...

D1C1E
turinabol for sale
Kırklareli Evden Eve Nakliyat
order turinabol
testosterone propionat for sale
Eskişehir Evden Eve Nakliyat
Yalova Evden Eve Nakliyat
Bitlis Evden Eve Nakliyat
masteron for sale
Manisa Evden Eve Nakliyat

508CCDenverD2379 mengatakan...

2C345
Batıkent Fayans Ustası
Adana Parça Eşya Taşıma
Hatay Parça Eşya Taşıma
Paribu Güvenilir mi
Nexa Coin Hangi Borsada
Çerkezköy Koltuk Kaplama
Çerkezköy Kombi Servisi
Kocaeli Evden Eve Nakliyat
Ünye Organizasyon

6A2A9SeanE6784 mengatakan...

34323
Edirne Evden Eve Nakliyat
Tekirdağ Parke Ustası
for sale dianabol methandienone
Kütahya Evden Eve Nakliyat
Çerkezköy Parke Ustası
order clenbuterol
Tekirdağ Boya Ustası
oxandrolone anavar for sale
Ünye Evden Eve Nakliyat

3E4A0Alan23860 mengatakan...

86BD5
Kırşehir En İyi Ücretsiz Görüntülü Sohbet Siteleri
kırşehir sohbet odaları
Düzce Ücretsiz Sohbet
antalya sohbet sitesi
edirne parasız görüntülü sohbet
kadınlarla rastgele sohbet
bedava sohbet odaları
düzce canlı sohbet siteleri
kırıkkale kadınlarla ücretsiz sohbet

38C94Mina29097 mengatakan...

F989A
Xcn Coin Hangi Borsada
Satoshi Coin Hangi Borsada
Periscope Takipçi Hilesi
Gate io Borsası Güvenilir mi
Cate Coin Hangi Borsada
Bitcoin Üretme Siteleri
Pi Network Coin Hangi Borsada
Facebook Takipçi Hilesi
Mexc Borsası Güvenilir mi

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hosted Desktop